Variable Nozzle Turbo atau biasa di singkat VNT yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang sangat luar biasa dan pantas dijuluki Fortuner SUV Terbaik. Perangkat ini
mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. Dengan perangkat VNT tersebut,
produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi
144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5 kgm/1600 - 2400 rpm menjadi 35 kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu
semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis,yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter. Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif,
ada baiknya menyegarkan
ingatan tentang kerja
turbo charger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar agar pembakaran sempurna.
Tambahan oksigen ini disedot
dari luar. Turbo charger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara
ke ruang bakar. Kompressor
mempunyai poros yang sama
dengan turbin. Jika turbin
berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang
dari mesin. Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif,dibutuhkan putaran turbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif
pada putaran mesin tinggi.
Bagaimana mendapatkan
tekanan yang cukup pada
putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT. Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah
turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable
lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik. Pada putaran rendah, ketika
tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya.
Hasilnya bisa memutar turbin
secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
merusak perangkat turbo. Karena turbo berhubungan
dengan aliran gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal
jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota
Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. Sumber pendingin adalah
hembusan udara luar yang
dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT. untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi sumber artikel www.toyota.astra.co.id
Artikel Terkait
Fortuner SUV TerbaikArtikel Kontes Seo
Software Toko Program Kasir Terbaik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar